OUTLINE BUSINESS PLAN stuff & fashion

geregetanminggu kemaren tu aku muter-muter di amplaz. nyari yang namanya gaun dress apalah semacam itu, secara aku berkerudung dan nyari dress panjang yang catchy, girly, modiste, and tetep bisa pake kerudung itu susahnya mintak ampun! yang ada kalo dress bagus pasti pendek, cuma selutut. awalnya sih aku ke amplasz berencana nyari bolero aja soalnya di rumah aku udah punya dress dari mba nit-nit. tapi dres dari mba nit tu pendek so, aku nyari bolero buat nutupin bagian lengennya yg masih pendek. Aku ke amplaz sama mb dian, mama n papa yg juga mau ke carefour. karena ngerasa risih kalo harus ditungguin aku mencar. biar sendiri aku pede aja kayak orang ilang. nyadar sih diliatin sama mba-mba pramuniaga. pas lagi liat n megang bahannya. sedikit ngelirik, eh mba pramuniaga ngelirik ke aku juga. nggak jadi deh, khawatir jangan-jangn aku di kira mau maling #go away….

aku liat di sekitar blezer-blezer yang bentukannya kayak model-model korea. ada 2 yang lucu. trus aku minta mbaknya ngelepas hangernya deh. untungnya mba pramuniaga yg ini baek. dia malah sempet ngasih aku saran segala tentang pemilihan warna. Udah nyoba ke dalem fitting room nih ceritanya..tilllillittt… hapeku bunyi. BABE. “dimana?” tanyanya. nggak lama kemudian mama nyusul ke kamar pas. aku coba blezernya. seneng sih modelnya, tapi kok kurang sreg ya,,, pas aku liat label harganya, jerrrrrrereeeeeeeeeeeennggg…………… 500 ribu. untuk 1 jas itu aja. gilak!

Habis itu membatalkan niat beli blezer itu, soalnya modelnya cenderung orang kantoran. trus nglanjutin muter lagi deh… susah banget. hzzzz, aku jadi berpikir ini semacam diskriminasi. aku liat nggak di boutik mana aja, di mall kayak amplaz, ataupun toko busana muslim kayak karita atau ponds saat ini belum menampilkan model baju ataupun dress yang bener-bener catchy buat remaja muslim. apalagi di amplaz. itu udah diskriminasi stadium 4. parah banget.
kebanyakan paling bentuknya GAMIS. padahal gamis kan mak-mak gitu kesannya..kayaknya tu di indonesia ini belum ada deh yg peduli dalam pengembangan dress unik yg tetep bisa cocok buat cewek kerudungan. Padahal Indonesia penduduk muslim terbesar, dan perkembangan fashion di Indonesia juga sangat pesat. kebayang, sebenernya kalo dress yang bentukannya naggung itu sebenernya bagus juga kalo modelnya dibikin lengen panjang dan nutup nyampe mata kaki. alhasil aku beli legging gitu doang, dan masih membawa rasa kecewa ke rumah karena yg aku pengenin blum ada juga setelah minggu sebelumnya juga udah nyari-nyari.

besoknya aku ke rumah bu win, sang penyelamat #penjahit. aku minta dibuatin dress yang modelnya mirip sama model dress di majalah-majalah jepang beliau, malahan pas disana beliau juga cerita banyak tentang saat beluai ikutan kursus njahit di jepang. kursus disana lebih telaten daripada di Indonesia. yg kadang nggak peduli pola yg dibikin muridnya bener apa nggak. telaten banget beliau.

dari situ aku jadi terinspirasi, pengen bikin butik yg sistemnya menuruti keinginan pembeli. butik ini dikhususkan buat orang yang mau punya baju dengan rancangan dan desainnya sesuai kemauan. jadi awal mulanya si pengunjung dateng, disambut di ruang tamu. pengunjungku itu dikasih majalah model-model pakaian, boleh juga orangnya langsung bawa desainnya, disana bakal ada semacam consultant desainnya, mereka duduk, milih-milih desain, ditemani teh atau kopi hangat, trus kalo udah ketemu desain yg pas, didampingi pramuniaga, si pengunjung milih-milih jenis kain yg udah disediain juga di boutik itu.. sesuai sama yg tadi udah di konsultasiin sama konsultan desain. Habis itu kain n rancangannya dimasukin deh ke bagian produksi. si pengunjung tinggal bayar uang muka aja, 2 minggu sampe 3 minggu bajunya yg diharapin jadi deh…. HAGhaha… ideku (terinspirasi dari pemesanan desain dekorasi manten).

oya, nggak cuma melayani consultasi dan pemesanan jahitan, tapi juga melayani penjualan asesorisnya, dari gelang, anting, kerudung, bahkan mungkin tas dan sepatu. Jadi udah lengkap dari atas sampe bawah. All cloth is your colour, guys!

Kenapa aku berpikir kayak gituu?? yagh … karena aku pengin melayani masyarakat yang gemar fashion dengan cara yang unik dari biasanya. Fashion tuh penting banget lagi, dan nggak ada satupun wanita di dunia ini yang nggak mikirin penampilan mereka (kalo ad yg nggak peduli itu karena tekanan ekonomi. buat yg udah mapan, apalagi makmur, fashion udah jadi kebutuhan primer…

selain itu, aku juga pengen melayani konsumen yang berbusana muslim supaya bisa tampil catchy.. dengan pemesanan kayak gitu mereka bisa ngadaptasi baju-baju unik punyanya kaum non jilbab-an. soalnya masih diskriminasi nih, baju-baju lucu yg ada baru yang mini skirt-mini dress-mini-mini intinya… padahal yg krudungan kan juga pengen modist ya gak?

keuntungan memesan di boutik ku..
1. hemat biaya, udah rahasia umum kalo baju di toko palagi mall itu untungnya gede banget. makanya harganya dimahal-mahalin. nyampel 100% dari HPP-nya. disini, harga kain cenderung lebih murah, 17.000 sampe 30.000 se meter. tergantung juga sih sebenernya, tapi diamin lebih murah kok soalnya biaya bisa diestimasi atau di planning sendiri, sesuai kemampuan finansial

2. bisa milih model semau GUE. semau kain apa yg dipengenin, jadi ga ada deh pernyataan … sendainya kainnya katun kan gak transparan.. senadainya kain nya gak ketipisan, apalah itulah.. hue

3. ada bantuan konsultant. jadi menghindari adanya salah kostum. soalnya pelayanan kami prima..

selain itu, tiap beberapa bulan misal 6 bulan diadain fashion show, campur model kerudung atau nggak. jadi nggak membatasi ke 2 2 nya tetep eksis sesuai nurani

weleh – weleh. aku jadi promosi tapi yg dipromosiin belom ada. wah ternyata asik ya,,, cuma susahnya modal sama manejemennya. moga besok kalo udah gede jadi terbuka deh jalannya.

hahaghaa.. oya dengan cara kayak gini sebenernya lebih memanusiakan manusia sesuai harapan dan ideologinya lagi. Jadi kita sebagai konsumen gak hanya di dekte sama trend yang lagi berkembang, tapi malah menciptakan trend. salam kreatif! 🙂

good luck for everybody n for everything!

Advertisements

2 thoughts on “OUTLINE BUSINESS PLAN stuff & fashion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: