from zero to hero

Selamat malam sunshine!

Trimakasih karena hari ini saya dibukakan pencerahan untuk mulai melakukan investasi di jalan Tuhan. Kemarin malam, saya baca blog dari Muhammad Assad (enterpreneur sekaligus penulis buku #NFQ Notes From Qatar). Ada satu hal yang sangat berkesan dalam salah satu postingannya. Ketika dia membeberkan rahasia ikhtiarnya dalam menggapai keinginannya.

Lazimnya sebagian besar orang baru memberikan shodaqohnya setelah mereka berhasil mencapai sesuatu, sebagai rasa syukurnya kepada Tuhan karena telah dibeikan kenikmatan. Namun, ia mencoba untuk bershodaqoh sebelum ia mulai berusaha. Saya sendiri kemudian meyakini pula bahwa shodaqoh seperti ini juga bisa dilaksanakan setelah berusaha, namun belum mengetahui hasilnya. Misalnya seseorang telah melaksanakan ujian PTN, kemudian dalam rentang ujian hingga pengumuman ia bershodaoh, maka shodaqoh demikian juga bisa disebut investasi kepada Tuhan. Sebab dilaksanakan sebelum mengetahui hasil, dan dilakukan ketika tangan-tangan yang mengoreksi sedang bekerja.

Begitulah hidup. Bukan berarti dengan bersikap demikian kita mengartikan shodaqoh ini sebagai sebuah pancingan. Seperti misal pasangan x dan y tidak bisa punya anak, kemudian mengadopsi anak barulah mereka bisa punya anak dr rahim si wanita sendiri.

Saya sendiri tidak sanggup mengartikan korelasi hubungan seperti ini. Yang jelas yang terpenting menurut saya lewat cara seperti ini kita berarti menginvestasikan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan deviden yang kita terima bukan hanya tercapainya keinginan kita, melainkan mengandung beberapa hikmah lain,

pertama, melatih agar diri kita tidak merasa paling bisa atau kuat sendiri karena ada kekuatan di belakang kita yang lebih besar yaitu Allah Subhanawata’ala.

kedua menyantuni orang yang kekurangan berarti membantu mereka dan mengurangi penderitaan mereka. Disitu tercipta hubungan hablu minannas, sehingga kita lebih berguna bagi masyarakat

Segitu postingan dari saya. Apapun dan alasan apapun kita memberi yang terpenting kita melakukannya dengan ikhlas dan tidak menyombongkan diri.

smgt shine!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: