PASSION & MENCETAK KENANGAN

Sejujurnya saya sama sekali nggak ada passion untuk nulis malem ini. Awalnya malem ini saya cuma minat ngetwit sama ngepost tentang sebuah partai baru yang awalnya dibentuk untuk tujuan NGO, kemudian beralih stir ke partai dan mempromosikan dirinya di media massa yang dimiliki pendirinya, padahal media massa tersebut sangat dikenal tajam menyacat pemerintahan.

Well,itu cuma pengantar. saya nggak mau bahas tentang itu, karena maaf saja blog ini bukan didedikasikan untuk sebuah wacana prihatin, tapi untuk mengingatkan saya dan memotivasi saya dalam berkarya.

karena paragraf satu adalah pengantar, maka sebetulnya tulisan ini saling berkait. jadi ceritanya, karena saya ngtwit dan ngepost begitu jadilah memunculkan reaksi besar dari teman saya dari Jakarta yang taun ini sama-sama jadi mahasiswa baru. Dia kuliah di jurusan Sejarah, FIB ugm. Disitu kami banyak mengembangkan postingan saya. Dan dia menanggapi dengan sangat detail dalam kacamata sejarah dan politik yang dia punya. Lama sekali buat saya, dan kemudian di pikiran saya kembali terlintas, bahwa cacian saya di fb tidaklah berbekas apapun, kecuali menimbulkan orang semakin tau siapa saya, apa gagasan saya, tapi itu akan sirna, tiada manfaat besar. Hal yang sebetulnya bisa menangkal tindakan demikian adalah mengajak sesama untuk care, peduli kepada bangsa lewat suatu gerakan yang mengilhami masyarakat. Karena dengan demikian wacana terbuka, moral rusak, mental menjatuhkan akan ternetralisir dengan kesantunan yang semua didapat dari adanya think, act, give, and inspires yang digali lewat gerakan sosial tadi.

Ibaratnya, kita sudah pernah merasa jatuh bangunnya.. kita bersikap untuk berorientasi pada pelayanan publik, dan bukannya mencari kekuasaan seperti yang menjadi motif besar penguasa saat ini.

Lalu, saya pun memulai padanya “kita pecuma banyak omong disini, negara ngga akan dengar apa yang kita bilang”. Dia pun bersambut, iya, kita harus kerja, mapan kehidupan, barulah gerakan sosial kita lancar. Karena jika dilakukan di masa kuliah tentu berat berbagi, dan lagi kalau kita bagi apakah fokus? Bisa-bisa kita malah tidak dipandang untuk menyukseskan misi kita.

Saya pun menyudahi tapi masih asik berkutat dengan facebook. Kemudian saya ngga sengaja liat foto milik ibu teman saya, ibunya dulu kuliah di jurusan Psikologi UGM, dan terus lanjut ke Leeds University, London Inggris.

Saya kemudian berdiam sejenak.
Ada orang yang punya karir sangat bagus. Maju, independen, perfeksionis, tapi pasrah sama masalah negara. Nggak salah, semua orang berhak menentukan sikap.

Aa juga orang yang lari sana-lari sini. Nongol, tapi biasa saja akademisnya.

Saya jelas nggak mau bernasib jadi orang kedua. Menyedihkan. Buat apa berkicau tiada henti. Ibaratnya kalo saya berkicau tanpa prestasi, orang bakal bilang : SIAPA LOE? dan emang saya juga ngerasa : SIAPA GUE,?
Saya nggak akan berpengaruh apa-apa kan, dan itu hanya memperburuk.
Saya sendiri cenderung tipikal pertama, tapi risih aja sama isu-siu kenegaraan. Saya pun bermimpi, bahwa saya ingin punya kesempatan demikian. Saya harus.

Kuliah di luar negeri, menciptakan pengalaman tersendiri. Foto-foto nya membuat saya merinding,

Foto-fotonya seperti ini…

Quincy market Boston

Boston City Hall
Boston City Hall

200yrs Yale Sc of Medicine
200yrs Yale Sc of Medicine

MIT

MIT

Yah, intinya adalah saat ini tujuan hidup saya adalah mengejar karir. Soal wacana seperi diatas adalah lembar kedua setelah saya berhasil menorehkan kenangan indah di kertas yang sekarang saya hadapi. Kertas itu masih putih, dan saya harus memulainya,
Lalu dengan apa?

-dengan belajar toefl, belajar bahasa, conversation, speak up, materi, topik, dan banyak hal

saya diharuskan memulai dari nooll.. dan itu memang harus kan..

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

