istiqomah – istikharah

kemarin saya mengikuti sebuah wawacara HMJ-LK di kampus saya. singkat cerita saya agak ragu buat gabung di organisasi ini. organisasi ini menaungi urusan ekonomi islam. kenapa saya ragu? ya karna saya takut mati. saya takut saya pasif dan gak bisa all out buat yang lain. terlebih karena ini menyangkut sesuatu yang bersifat khusus, sehingga mungkin ada batasan atau margin dibandingkan dengan organisasi lain.

disini saya apply di divisi riset. begonya saya karena saya langsung datang ke sekretariat dan belum ambil atau isi formnya. jadilah saya lama disana buat memutuskan saya mau masuk divisi mana.

setelah pulang saya jadi tambah ragu sama keputusan saya. sepertinya kok saya terburu-buru banget buat ambil keputusan ini, dan lagi-lagi terbentur plin-plan yang udah jadi kebiasaan saya itu karena tergoda oleh banyak hal.

well, pagi tadi saya sms sama teman saya. dia yang saya anggap lumayan stabil, dan saya enjoy buat cerita ke dia (selama belum ada pacar, saya nggak tau mesti crita ke siapa). alhamdulillah, dia ngerespon baik. tapi dari skian nasihat dia yang saya tangkep initinya cuma satu : jangan pernah lupakan Allah dalam urusan menentukan pilihan atau masa depan kamu. Kalau bingun, slalu istighfar, berdoa kapan aja. IsnshaAllah, kita akan diberikan intuisi untuk ngelakuinnya.

saya sadar pernyataan dia itu sangat tepat. saya kemudian instrupeksi. let’ it flow saya aktivitas sambil merenung, jangan-jangan selama ini saya lebih banyak ambil keputusan gara-gara emosiaonalitas doang. akhirnya saya sendiri yang menyesal, ragu, atau khawatir. yah itu benar.

mungkin inilah yang disebut emotional spiritual qotations. dan untuk itulah, saya harus lebih melatih untuk arif dalam memutuskan. Setidaknya, saya kemudian berpikir sekarang. kalaupun jadi riset disini itu bukan keinginan. akan sangat banyak manfaat yang saya dapat.

mungkin sata akan jadi specialist, atau bisa mengembangkan sesuatu yang masih langka dilakukan orang. dan karena itulah, keberadaan saya justru dibutuhkan dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: